Sabtu, 19 Januari 2013

Passion

Passion. kata itu benar-benar menggugah semangat ketika pertama kali mendengarnya.
"Passion membuat kita berkerja menjadi berkarya" -Raditya Dika-

artinya dengan passion kita bisa melakukan sesuatu dengan mencintainya tulus tanpa dibuat-buat. dengan passion kita bahagia. jadi alangkah bahagianya hidup ini kalau sejatinya dari kecil hingga sampai ke liang lahat kita jalani sesuai dengan passion kita.

tapi pertanyaannya, apa passion kita itu? tentu saja kita tidak langsug tahu apa passion kita saat pertama menghirup udara dunia. karena itu kita harus mencarinya. jadi pada intinya kita harus mengorbankan beberapa waktu dalam hidup kita untuk mencari passion.

mencari sesuatu/mengetahui sesuatu yang sebelumnya kita tidak tahu merupakan suatu proses belajar. di dunia ini belajar sudah dimudahkan melalui sekolah. kendati seringkali kita merasa kurang cocok dengan beberapa mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, tapi itulah belajar (baca: menemukan passion)

sayangnya penemuan passion pada setiap manusia Indonesia melalui sekolah dengan teknik memberikan seluruh mata pelajaran yang ada berlangsung sangat lama! dari SD, SMP, jika saja penemuan passion dengan teknik seperti itu hanya terjadi beberapa saat saja, maka mugkin manusia-manusia di negara ini lebih sukses dengan bahagia.

dan ujian nasional, maka beruntunglah mereka yang berbakat di bidang akademik dan bahasa. meskipun begitu apa benar itu passion mereka? kendati mereka berbakat dalam permainan menghitung dan menghafal, apa mereka bahagia karena itu?

karena kemampuan belum tentu menunjukkan passion kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar